Senin, 17 April 2017

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok Bersedia Hanya Satu Kilang Minyak

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok telah memutuskan untuk bekerja sama dan berkomitmen serta berperan aktif dalam pengembangan kilang minyak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di kabupaten Cilacap. Kerja sama dan komitmen tersebut akan dilakukan oleh perusahaan pemerintah Tiongkok. Disebutkan bahwa nilai kilang minyak yang berada di kabupaten itu bernilai 6 miliar dolar Amerika Serikat.

Pengembangan bisnis kilang minyak memang bisa dikatakan sebagai bisnis yang paling strategis. Karenan nantinya minyak mentah dari Indonesia bisa dikapalkan secara langsung tanpa harus melalui perairan Asia Selatan. Sebenarnya Indonesia sudah menawarkan lima proyek pengembangan kilang. Jadi tidak hanya di kabupaten Cilacap saja. Tetapi pemerintah Tiongkok hanya tertarik dengan kabupaten tersebut karena secara kualitas paling baik, dan secara biaya paling efisien.

Dok.Chandra Ekajaya

Secara lokasi justru kilang minyak di Kalimantan yang membuat kinerja pemerintah Tiongkok menjadi lebih efektif. Sayangnya kualitas yang diharapkan kurang mencukupi, karena itu pilihan jatuh ke Cilacap. Karena kilang di cilacap dapat mengolah minyak bumi dengan kandungan sulfur yang sangat tinggi.

Diharapkan kilang minyak Cilacap bisa menaikkan kapasitas produksinya yang pada awalnya hanya 345 ribu barel per hari (bph), menjadi 400 ribu barel per hari. Nantinya pemerintah Indonesia tetap akan menawarkan kerja sama pengembangan kilang-kilang minyak lainnya kepada negara produsen minyak, seperti Arab Saudi. Tetapi, saat ini belum diketahui investasi itu kapan akan berlanjut.


Manfaat yang akan didapatkan Indonesia sangat besar jika semua penawaran kilang minyak tersebut disepakati oleh negara-negara yang ingin menginvestasikan uangnya. Bagi negara ini tentu saja lapangan pekerjaan akan bertambah dengan sangat signifikan. Bahkan mencapai puluhan ribu. Dan itu pun melingkupi proses pembangunan dan operasional. Maka semoga saja penawaran tersebut berhasil disetujui.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok Bersedia Hanya Satu Kilang Minyak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.