Senin, 10 April 2017

Chandra Ekajaya Eling Waspada

Pengusaha Chandra Ekajaya saat ini sedang mencari atau membuat pasar untuk investasi asing langsung di negara-negara Asia, terutama Indonesia. Karena di tahun 2017 ini negara seperti Tiongkok sedang menurunkan tingkat proyeksi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi. Penurunan itu menyentuh angka 6,4 persen. Padahal dalam satu dekade ini seluruh dunia mengetahui bahwa investasi dari negeri tirai bambu tersebut sangat tinggi.

Republik Rakyat Tiongkok kebanyakan menginvestasikan uangnya pada infrastruktur, seperti pada sektor energi, pembangkit listrik, transportasi, pertambangan, dan konstruksi ujar Chandra Ekajaya. Misalnya saja di tahun 2013 kemarin, negeri tirai bambu termasuk dalam sepuluh besar negara asing yang berinvestasi di Indonesia. Bahkan dua tahun berikutnya, di tahun 2014 dan 2015 posisinya beranjak naik ke posisi delapan.

Dok.Chandra Ekajaya
Perkembangan yang sangat signifikan terlihat pada tahun 2016, dimana posisi negara itu meningkat pesat menjadi tiga besar dengan nilai investasi 2,7 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan 9,2 persen total investasi asing langsung . Jelas terlihat bahwa nilai investasinya sangat besar. Kini investasi tersebut hanya bisa disaingi oleh raja Salman dari Arab Saudi menurut Chandra Ekajaya.

Negeri tirai bambu saat ini sedang melaksanakan kebijakan yang lebih ketat. Diantaranya kebijakan mengenai moneter. Tetapi mereka juga menjalankan ekonomi yang terbuka dengan adanya investasi asing. Ini sebagai wujud anti tesis dari Amerika Serikat yang saat ini cenderung memilih kebijakan proteksionis.


Artinya, Tiongkok atau Cina memang cerdas dalam memanfaatkan keadaan, situasi, dan kondisi. Bahkan deregulasi yang mereka lakukan membuat Tiongkok mengalami capital outflow yang menyebabkan investasi menuju ke negara-negara dunia ketiga, seperti Indonesia. Bagi masyarakat Asean, khususnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, bila keadaan ini tidak direspon positif dan baik, ditakutkan akan kecolongan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Chandra Ekajaya Eling Waspada
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.