Minggu, 08 Januari 2017

Yohanes Chandra Ekajaya Olah Limbah Ikan


Segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang sia-sia. Itulah slogan dan prinsip yang dipegang oleh Yohanes Chandra Ekajaya. Prinsip itu pun ia bawa dan aplikasikan dalam mengolah limbah ikan. Misalnya kulit dan sisi ikan gabus. Ia mengatakan bahwa selama ini sisik dan kulit ikan gabus dibuang begitu saja oleh pedagang ikan di pasar tradisional.
Yohanes Chandra Ekajaya


Yohanes Chandra Ekajaya adalah satu pemuda yang termasuk kreatif. Makanya ia tidak ingin bahan-bahan baku yang berasal dari alam terbuang percuma. Kulit dan sisik ikan gabus yang dibuang oleh para pedagang digunakannya untuk membuat produk keripik kulit ikan gabus dan peyek ikan gabus.

Bila berbicara soal rasa, keripik kulit, dan peyek ikan gabus yang dibuat oleh Yohanes Chandra Ekajaya, maka hal itu tidak perlu ditanyakan lagi. Sebab bumbu dan cara memasaknya sangat khas, sehingga bisa dipastikan rasanya sangat enak dan lezat. Bila dikaitkan dengan bisnis, pemuda ini mendapatkan keuntungan yang berlipat karena limbah ikan gabus yang diperolehnya ia dapatkan dengan harga yang sangat murah.

Menurut Yohanes Chandra Ekajaya, biasanya para pedagang hanya mengambil daging ikan gabus untuk digunakan sebagai bahan pembuat empek-empek. Sedangkan kuliatnya hanya dibuang begitu saja karena dianggap tidak berguna. Sehingga pemuda satu ini tidak kesulitan dalam mendapatkan bahan baku untuk keripik dan peyeknya, karena bahan baku tersebut sebenarnya dibuang oleh para pedagang ikan.

Saat memulai bisnis ini pun Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa dirinya hanya bermodalkan rasa percaya diri dan tanpa uang alias gratis. Ia mendatangai banyak pedagang ikan dan meminta kulit dan sisik ikan gabus. Biasanya sisik ikan menempel pada kulit ikan.

Tetapi tutur pengusaha muda ini, perjuangan yang lebih keras sebenarnya saat membersihkan kulit dan sisik. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa ia harus meminta tolong pada orang lain untuk membantunya. Pembersihan ini juga akan menurunkan jumlah kuantitas kulit dan sisik. Sebab dari 10 kilogram kulit dan sisik, setelah dibersihkan hanya menjadi dua kilogram.

Bagikan

Jangan lewatkan

Yohanes Chandra Ekajaya Olah Limbah Ikan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.