Selasa, 03 Januari 2017

Sponge Cake Yohanes Chandra Ekajaya Gurih Nikmat


Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis sangat digemari oleh semua orang, sponge cake namanya sebagai teman disaat minum kopi atau teh bersama keluarga. Yohanes Chandra Ekajaya pun sesekali membuat sponge cake yang gurih dan nikmat dengan bahan-bahan yang mudah didapat di toko-toko yang menjual bahan kebutuhan membuat roti.

Yohanes Chandra Ekajaya
Pada kesempatan kali ini Yohanes Chandra Ekajaya berbagi sedikit cara membuat sponge cake beserta bahan-bahan yang dibutuhkan. Yang menjadi point penting dalam membuat sponge cake adalah teksturnya yang lembut dan tidak terlalu padat sehingga sangat pas dipadu dengan cream untuk membuat kue tart dan jangan dibuat terlalu manis agar rasa manis cream dapat maksimal dirasakan dan telur yang digunakan harus benar-benar segar belom masuk  lemari es sebelumnya . berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkahnya dalam mebuat sponge cake.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sponge cake:
·      20 kuning telur
·      10 putih telur
·      250 gram gula pasir diblender sampai halus
·      150 gram tepung terigu protein sedang
·      30 gram tepung maizena
·      300 gram margarin
·      2 sendok makan baking powder
·      4 sendok makan cake emulsifier

Langkah-langkah membuat sponge cake:
1.     Campur telur, gula pasir dan emulsifier dalam satu wadah kemudian kocok hingga adonan mengembang dan berwarana putih.
2.     Masukkan tepung terigu, maizena sedikit demi sedikit kedalam telur yang sudah kita kocok terlebih dahulu kemudian masukkan juga baking powder  aduk hingga merata.
3.     Masukkan mentega yang sudah dicairkan kedalam adonan dan aduk dengan cara membalik agar bisa rata dan tidak mengendap dibawah wadah.
4.     Masukkan adonan kedalam loyang dengan ukuran 24x24cm yang atasnya telah diberi kertas roti yang diolesi dengan margarin yang sudah dilelehkan.
5.     Panggang kedalam oven selama 25 menit dengan suhu 180 drajat celcius , cek kematangandengan menusuh bagian jika sudah tidak ada adonan yang menempel berarti sudah matang.
6.     Setelah matang keluarkan dari oven kemudian sajikan dengan hiasan sesuai selera masing-masing.

Demikian cara membuat sponge cake yang gurih dan nikmat, semoga tulisan Yohanes Chandra Ekajaya ini dapat menjadi refernsi bagi para pembaca sekalian serta menjadi inspirasi dalam membuat hidangan sajian teman minum teh maupun kopi sebagi pelengkap hidangan tamu maupun disaat kumpul bersama dengan keluarga.

Bagikan

Jangan lewatkan

Sponge Cake Yohanes Chandra Ekajaya Gurih Nikmat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.