Kamis, 29 Desember 2016

Yohanes Chandra Ekajaya Membuat Kue Pukis


Salah satu kue yang cukup terkenal di jawa tengah bahkan cukup terkenal juga di nusantara karna teksturnya yang lembut dan enak rasanya kue pukis namanya. Yohanes ChandraEkajaya menuturkan kue pukis adalah makanan yang sering dihidangkan oleh ibunya dikala Yohanes Chandra Ekajaya  tinggal di daerah Kebumen, Jawa Tengah.
Salah satu ciri khas dari kue pukis itu sendiri berbentuk menyerupai setengah lingkaran pada bagian bawah berwarna coklat sedangkan atasnya putih kekuningan. Pada kesempatan kali ini Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya ingin berbagi cara membuat kue pukis yang dia dapatkan resepnya dari belajar denga ibunya. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan serta langkah-langkahnya dalam membuat kue pukis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue pukis:
·      4 butir telur ayam
·      2 butir telur ayam diambil kuningnya
·      200 gram mentega yang sudah dicairkan
·      1 liter santan kelapa
·      800 gram tepung terigu
·      ½ bungkus ragi instan
·      Gula pasir secukupnya
·      Coklat secukupnya
·      Keju secukupnya
·      Kismis secukupnya


Langkah-langkah membuat kue pukis:
1.   Campurkan gula pasir, telur dan juga ragi kedalam wadah aduh hingga merata mengunakan mixer hingga nampak mengembang.
2.  Masukkan tepung terigu dan santan dengan cara bergantian sambil diaduk hingga merata kemudian masukkan mentega yang sudah dicairkan terlebih dahulu.
3.     Diamkan adonan kue selama 1 jam sebari menyiapkan pencetak kue pukis.
4.    Setelah adonan sempurna panasi etakan kue pukis dengan api sedang kemudian lumuri dengan menteka kemudian tuang adonan kedalam cetakan yang sudah dipanaskan kemudian langsung ditutup hingga setengah matang.
5.   Jika sudah setengah matang buka penutup cetakan kemudian taburi dengan bahan tambahan seperti kismis, coklat, parutan keju disesuaikan dengan keinginan anda.
6.     Setelah matang angkat lalu sajikan dalam keadaan hangat.


Demikian cara Yohanes ChandraEkajaya membuat kue pukis, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang hendak membuat hidangan sajian sembari minum teh atau kopi di pagi hari.

Bagikan

Jangan lewatkan

Yohanes Chandra Ekajaya Membuat Kue Pukis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.