Kamis, 15 Desember 2016

Chandra Ekajaya Ekspor Lele


Dewasa ini, usaha budidaya ikan lele adalah salah satu peluang usaha yang sangat diperhitungkan. Menurut Chandra Ekajaya hal ini cukup dilihat dari satu indikator, yaitu penjual pecel lele. Di Indonesia, hampir di setiap tikungan jalan besar maupun kecil pasti ada gerobak atau tenda pecel lele. Artinya, pecel lele sudah menjadi primadona di negeri sendiri.

Chandra Ekajaya


Tetapi ada informasi yang sangat menarik. Berdasar informasi yang diperoleh Chandra Ekajaya dari para Tenaga Kerja Indonesia, di luar negeri sudah banyak orang Indonesia atau pun orang asing yang menjual pecel lele. Tentu saja itu merupakan kabar gembira bagi seorang pengusaha sekaligus peternak lele.

Permintaan lele di pasaran akan semakin meningkat, dan jelas akan membuka potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Chandra Ekajaya sebagai pengusaha dan peternak lele sangat antusias ketika ada pembinaan dan kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara tentang jual-beli ikan lele.

Untuk mempersiapkan diri, Chandra Ekajaya menggunakan dan mengembangkan cara serta metode pembibitan semi buatan. Metode ini memang tergolong baru, sehingga penerapannya masih dalam level uji coba. Tetapi jika metode ini berhasil, maka pengusaha cum peternak lele ini akan menjadi pengekspor ikan lele terbesar di Asia. Terlebih relasi dan jaringannya dengan para tenaga kerja Indonesia di luar negeri sangat baik.

Chandra Ekajaya bukanlah pengusaha yang egois dan cari untung sendiri. Ia melatih dan membina penduduk desanya supaya bisa menerapkan metode baru tersebut. Bersama dengan para mahasiswa politeknik, ia melatih para warga desanya beternak dan mengembangkan budidaya ikan lele dengan menerapkan metode pembenihan semi buatan. Ia pun mengatakan bahwa metode yang diajarkan sangat mudah, sehingga dalam waktu dua bulan para penduduk pasti sudah menguasainya.

Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan pembenihan semi buatan adalah menyuntuk ikan-ikan lele dengan hormon yang disebut Gonad. Tujuannya ialah supaya reproduksi ikan lele lebih cepat. Telur ikan lele akan lebih cepat matang, dan masyarakat pun akhirnya bisa membuat bibit lele sendiri tanpa harus membeli atau pun impor dari luar daerah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Chandra Ekajaya Ekspor Lele
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.