Minggu, 20 November 2016

Rahasia Sukses Yohanes Chandra Eka Jaya Berbisnis Juice


Rahasia Sukses Yohanes Chandra Eka Jaya Berbisnis Juice
Yohanes Chandra Eka Jaya adalah seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah universitas ternama di Yogyakarta. Ia mengambil jurusan Teknik Otomotif. Selepas lulus dari perguruan tinggi, Eka Jaya berencana untuk melamar pekerjaan di salah satu bengkel otomotif milik perusahaan Jepang. Tetapi nasib dan takdir berkata lain.

Hampir di seluruh universitas yang berada di Yogyakarta, kini ada program atau mata kuliah kewirausahaan. Di dalam progam tersebut, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah proposal usaha yang berisi jenis usaha yang akan dibuat, hasil pengamatan atau observasi, dan rancangan anggaran serta prediksi keuntungan. Yohanes Chandra Eka Jaya pun mendapat mata kuliah kewirausahaan tersebut.

Kebetulan Yohanes Chandra Eka Jaya bertempat tinggal di sebuah kos yang padat penduduk. Selain berada di dekat kampus, kos yang dihuni oleh Eka Jaya memiliki teras yang agak lumayan luas dan berada di pinggir jalan. Setelah proposal kewirausahaannya disetujui oleh dosen pengampu mata kuliah tersebut, Yohanes Chandra Eka Jaya segera menghadap bapak dan ibu kosnya. Ia ingin meminta izin dan menyewa teras depan yang dimaksud.

Setelah mendapatkan izin dan kesepakatan harga yang cocok, segeralah Yohanes Chandra Eka Jaya menata teras depan kosnya untuk dijadikan tempat berjualan. Usaha yang akan ia buat adalah usaha jus atau juice. Ide ini ia dapatkan karena cuaca di Yogyakarta memang panas dan gerah, sedangkan di sekitarnya masih sedikit orang yang berjualan es. Kalau pun ada hanya es teh dan es jeruk, sedangkan untuk es juice belum ada yang menjualnya.

Keesokan harinya Yohanes Chandra Eka Jaya mulai berbelanja peralatan untuk berjualan juice. Peralatan yang ia beli seperti blender, plastik, gelas plastik, cup, sedotan, dan etalase kecil untuk memajang buah-buah, serta tempat es batu.

Strategi yang digunakan oleh Yohanes Chandra Eka Jaya adalah nama-nama menu yang ditawarkan tidak menggunakan nama-nama seperti pada umumnya. Tetapi ia kemas dalam kemasan yang lebih popular.

Setelah beberapa hari, semingu, dua minggi, hingga beberapa bulan, usaha “Juice Jaya” Yohanes Chandra Eka Jaya pun selalu ramai didatangi oleh pelanggan. Mereka selalu membeli juice di tempat Eka Jaya. Menurut keterangan beberapa pelanggan, mereka membeli juice di tempat Eka Jaya karena pelayanannya bagus, bersih, cepat, dan buahnya segar.

Bagikan

Jangan lewatkan

Rahasia Sukses Yohanes Chandra Eka Jaya Berbisnis Juice
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.